Home Blog

Wakil Ketua MPR RI Fraksi PKS Dukung Hak Angket ‘Kecurangan Pemilu’, HNW: Itu Hak Konstitusi DPR

0

Jakarta — HNW sapaan akrab Hidayat Nur Wahid menuturkan bahwa berdasarkan Pasal 20A ayat (2) UUD NRI 1945 disebutkan bahwa, DPR dalam melaksanakan fungsinya, memiliki hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat. Hak angket tersebut adalah hak DPR untuk menyelidiki terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang tidak sesuai.

Anggota DPR sekaligus Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa wacana penggunaan hak angket dugaan kecurangan pemilihan umum (pemilu) yang ramai dibicarakan publik, seharusnya cukup ditanggapi secara proporsional berbasiskan konstitusi, karena hak angket merupakan salah satu hak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dijamin dan diberikan oleh Konstitusi yang berlaku di NKRI yaitu Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI 1945).

“Dalam hal ini, peraturan perundang-undangan yang dimaksud adalah UU Pemilu, dimana asas Pemilu yang bebas dan rahasia, jujur dan adil sesuai Pasal 22E ayat (1), serta prinsip kedaulatan untuk memilih ada di tangan Rakyat sesuai Pasal 22E ayat (2) dan Pasal 1 ayat (2) UUDNRI 1945, dinilai oleh banyak pihak telah dilanggar oleh penyelenggara Pemilu maupun ASN hingga Presiden dengan ketidaknetralan mereka. Jadi, apabila anggota Fraksi di DPR ada yang ingin menggunakan hak angket tersebut, baik secara inisiatif maupun karena memperjuangkan aspirasi Rakyat termasuk calon Presiden atau wakil Presiden, maka tidak ada alasan konstitusional untuk menolaknya. Maka silakan saja ajukan hak angket itu, karena memang dibolehkan oleh UUD NRI 1945,” ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Jumat (23/02).

HNW menyayangkan ada beberapa pihak yang merespons wacana hak angket itu secara berlebihan, seolah-olah itu hanya gertakan politik, atau dengan mengaitkan dengan hasil quick count atau real count pemilu yang belum final.

“Ada yang mewacanakan bahwa hak angket itu hanya gertakan politik, dan diajukan oleh pihak yang kalah. Itu jelas tidak proporsional, karena hak angket adalah hak politik yang konstitusional dimiliki oleh DPR. Apalagi sampai saat ini belum ada hasil final pemilu 2024, baik pilpres maupun pileg. Sehingga secara resmi/final belum ada yang kalah apalagi yang menang. Namun, seandainya pun didasarkan pada penghitungan sementara, hak angket ini tetap konsitusional dimiliki oleh DPR, sekalipun pengusul awalnya agar DPR membuat hak angket adalah capres yang diusung oleh parpol terbesar di DPR, pemenang pemilu legislatif, yakni PDIP. Toh nanti yang akan mengajukan tetap anggota Fraksi-fraksi di DPR,” ujarnya.

Lebih lanjut, HNW mengatakan bahwa hak angket itu sebaiknya tidak diargumentasikan kepada kalah-menang dalam pemilu 2024 yang memang hasilnya belum diumumkan oleh KPU. Namun, hak angket yang awalnya diwacanakan oleh Capres yang diusung oleh PDIP, tapi kemudian usulan itu didukung oleh PDIP, agar DPR mempergunakan hak angket, selain itu juga sebagai wujud dari pelaksanaan fungsi pengawasan DPR terhadap pemerintah, tapi respons positif anggota DPR terhadap wacana dipergunakannya hak angket, juga bagian dari fungsi anggota DPR melaksanakan sumpah jabatannya yaitu memperjuangkan aspirasi Rakyat yang diwakilinya,” tukasnya.

Apalagi, wacana itu juga disambut positif oleh masyarakat luas, termasuk partai-partai politik yang mengusung pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Syarat hak angket itu adalah diusulkan hanya oleh minimal 25 anggota DPR dan berasal lebih dari satu fraksi. Selama syarat itu terpenuhi, tidak ada halangan hak angket itu digunakan, dan tidak ada hak konstitusional siapa pun, apalagi pihak di luar DPR, untuk membuat gaduh dengan mem-framing negatif dan menolak hak angket oleh DPR,” ujarnya.

HNW juga tidak sependapat dengan pandangan sebagian kalangan bahwa kecurangan pemilu hanya bisa diselesaikan ke Mahkamah Konstitusi (MK). HNW menegaskan bahwa hak angket kecurangan pemilu tentu berbeda dengan perselisihan hasil pemilu yang disidangkan di MK, meski ada presedennya bahwa MK bisa memutus membatalkan apabila ada kecurangan Pemilu/ Pilkada yang terstruktur, sistematis dan masif.

“Biarkan dua proses itu berjalan sesuai dengan porsinya. Karena keduanya berbeda sekalipun sama-sama konstitusional. Hak Angket didasarkan pada Pasal 20A ayat (2) UUD NRI 1945 dan perselisihan hasil pemilu di MK didasarkan pada Pasal 24C ayat (1) UUD NRI 1945. Salah satunya tidak perlu digunakan untuk menafikan yang lain. Selama keduanya memenuhi syarat, seharusnya keduanya bisa dijalankan. Yang satu (hak angket) terkait dengan pengawasan, dan yang satu lagi (MK) berkaitan dengan mekanisme hukum (penyelesaian sengketa hasil di MK). Ke duanya konstitusional, dan perlu ditempuh untuk memastikan legitimasi Pemilu dan hasil Pemilu, selain itu juga bentuk ketaatan pada Konstitusi untuk menyelamatkan demokrasi, hukum dan kemajuan NKRI,” pungkasnya.

Tanda Seseorang Punya Pola Pikir atau Mindset yang Benar dan Bisa Jadi Orang Sukses Kemudian Hari

0

Apakah tanda-tanda orang sukses ada padamu? Pola Pikir atau Mindset dapat diartikan sebagai cara seseorang memandang atau menilai sesuatu, memahami sesuatu yang dia alami, juga keyakinan tentang dirimu dan kemampuanmu untuk menjadi sukses.

Nah, kira-kira apa saja tanda-tanda seseorang punya mindset yang bagus? Apakah ada yang sudah kamu miliki selama ini? Yuk kita ulas satu per satu! 

1. Memahami dan Menerima Perubahan
Memahami dan Menerima Perubahan
Memahami dan Menerima Perubahan – Foto: Vinicius Wiesehofer, Pexels.com

Dilansir dari Make Me Better, orang yang ber-mindset baik adalah mereka yang bisa menerima perubahan, berjuang untuk menerima hal yang tidak bisa dihindari, dapat menangani perubahan dengan cara yang efektif, dan tidak merasa sakit hati saat melihat perubahan terjadi. Baik dalam masalah interpersonal maupun masalah lainnya.

2. Tetap Termotivasi
Tetap Termotivasi
Tetap Termotivasi, Foto: Christina Morillo, Pexels.com

Tanda lain dari pola pikir yang kuat adalah di saat kamu mampu untuk terus termotivasi untuk maju dan mengelola emosi saat keadaan berubah atau saat mengalami hal buruk sekalipun.

Kamu dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri, dan mungkin akan merasa sedih, tapi kamu bisa cepat bangkit kembali untuk melangkah maju.

 
3. Melihat Tantangan Sebagai Peluang Tumbuh
Melihat Tantangan Sebagai Peluang Bertumbuh
Melihat Tantangan Sebagai Peluang Bertumbuh – Foto: Pixabay

Melansir New Trader U, ketika kamu memiliki pola pikir yang kuat, kamu dapat melihat tantangan sebagai peluang untuk berkembang, bukan ancaman. Masa-masa sulit yang kamu lalui dapat membangun kekuatan mentalmu dan mengembangkan keterampilan baru yang ada di dirimu.

4. Terbuka terhadap Kritik
Terbuka terhadap Kritik
Terbuka terhadap Kritik – Foto: Christina Morillo, Pexels.com

Jika memiliki mindset yang bagus, kamu mampu membuka telinga untuk mendengarkan masukan dan kritik yang membangun. Meskipun, mendengarkan hal yang pahit memang sulit, kamu dapat mempertimbangkan feedback dari orang sekitar secara bijaksana demi kebaikanmu sendiri.

5. Percaya Diri
Percaya Diri
Percaya Diri – Foto: Moose Photos, Pexels.com

Kamu memiliki kepercayaan dan keyakinan diri bahkan ketika orang lain meragukanmu. Pola pikir berkembang membuatmu mempercayai naluri dan kemampuanmu sendiri. Kamu tahu bahwa kemampuanmu akan meningkat seiring usaha dan pengalaman. Kamu juga tetap percaya diri saat dikritik oleh orang lain.

6. Terus Belajar Dan Berkembang
Terus Belajar dan Berkembang
Terus Belajar dan Berkembang Foto: Quang Anh Ha Nguyen, Pexels.com

Kamu menyadari bahwa banyak kemajuan yang bisa dicapai dengan selalu belajar. Sebab, pembelajaran sangat penting untuk pola pikir yang kuat seumur hidup. Kamu bisa belajar atau mengambil pelajaran dari podcast yang kamu dengar, kelas online, atau peluang lain untuk belajar.

7. Mampu Move On
Mampu Move On
Mampu Move On – Foto: Genine Alyssa Pedreno-Andrada, Pexels.com

Beberapa orang mungkin tidak mampu untuk menyelamatkan diri dari situasi yang tidak berjalan baik. Misalnya, hubungan yang beracun, pekerjaan yang tidak cocok, bisnis yang gagal, dan sebagainya.

Namun, orang yang memiliki mindset bagus tidak tinggal diam. Mereka bisa move on dan tidak menyerah pada situasi. Pun, berani untuk memulai lagi segalanya dari awal.

 

Rekor tidak Terkalahkan, Direktur Bayer Leverkusen yakin Xabi Alonso Tak Akan Tergoda untuk Pindah Klub

0

Jakarta – Kemenangan atas Muenchen turut memperpanjang rekor tidak terkalahkan Leverkusen di bawah asuhan Xabi Alonso, yakni 31 laga dengan rincian 27 kemenangan dan empat imbang.

Mantan gelandang Liverpool dan Real Madrid itu sebenarnya telah memperpanjang kontrak hingga 2026 di Leverkusen. Namun kinerjanya yang cemerlang membuat mantan pemain timnas Spanyol itu dikaitkan dengan sejumlah klub-klub besar di Eropa.

Direktur olahraga Bayer Leverkusen, Simon Rolfes, menyakini pelatih Xabi Alonso tidak akan pindah ke Liverpool atau Barcelona, melainkan akan bertahan bersama klub Jerman tersebut setidaknya sampai tahun depan.

“Saya yakin akan hal itu,” kata Rolfes dalam program sepak bola Jerman Doppelpass sebagaimana diwartakan AFP pada Minggu (11/2) waktu setempat.

Bayer Leverkusen menduduki posisi puncak klasemen sementara Bundesliga Jerman berkat kemenangan 3-0 atas Bayern Muenchen pada Minggu dini hari WIB.

“Satu hal adalah kontraknya, yang lainnya adalah seberapa nyaman perasaannya bersama tim ini,” kata Rolfes.

Liverpool yang ditinggal Juergen Klopp pada akhir musim ini digadang-gadang menjadi klub baru bagi Alonso.

Alonso pernah memperkuat The Reds pada 2004-2009, kemudian menyumbangkan satu gelar Liga Champions pada 2005 untuk klub asal Merseyside itu.

Kendati demikian, salah satu kekurangan Alonso adalah kurangnya pengalaman melatih. Alonso yang pensiun sebagai pemain pada 2017 kemudian mengambil kursus kepelatihan UEFA. Ia baru mulai melatih Leverkusen pada Oktober 2022 untuk menggantikan Gerardo Seoane.

Tampil Sopan dan Sederhana saat Nge-DJ, Artis Multitalenta Dian Sastrowardoyo Tetap Terlihat Mepesona

0

Jakarta – Dian Sastrowardoyo, ternyata merupakan sosok yang multitalenta. Salah satu buktinya adalah kemampuannya dalam mengolah DJ Booth. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Dian terlihat unjuk kemampuan sebagai DJ.

Memiliki karier yang cemerlang dan beragam prestasi, baik di dalam maupun luar dunia entertainment, Dian Sastrowardoyo sudah  sangat dikenal luas oleh publik. Belum lagi terkait kecantikan fisiknya.

Video yang dibagikan ulang oleh akun Instagram rumpi_gosip, memperlihatkan pemeran film AADC tersebut tengah nge-DJ. Dian Sastrowardoyo terlihat asik dengan headphone dan mixer. Ia juga disorot karena baju yang dikenakan.

Lalu seperti apa penampakan Dian Sastrowardoyo saat nge-DJ? Berikut beberapa potretnya yang disanjung netizen. Mari kita simak.

Jadi Produser Sekaligus Pemain Film Horor Lampir, Gandhi Fernando Kembali ke Industri Layar Lebar

0
Jakarta – Gandhi ikut membintangi film layar lebar dan berperan sebagai Robi, yakni sahabat paling dekat dengan Wendy (Jolene Marie) dan Angga (Rory Asyari). Namun, Robi pun sedang memiliki hubungan yang tak baik dengan sahabatnya, Rizki (Ge Pamungkas) karena suatu masalah yang mereka rahasiakan.
Seorang Aktor multitalenta Gandhi Fernando kembali ke industri layar lebar dengan menjadi seorang produser sekaligus aktor pada film horor berjudul ‘Lampir’, setelah terakhir kali membintangi film berjudul ‘Mantan’ yang rilis tahun 2017 silam.Gandhi pun menyebut bahwa dirinya kembali terjun karena ingin sekali menggarap film yang diangkat dari salah satu tokoh iblis paling ikonik pada era 90an, yaitu Mak Lampir.

“Aku merasa sangat terhormat karena bisa kembali lagi menjadi produser film layar lebar setelah 7 tahun lamanya, dan bisa memperkenalkan kembali karakter ikonik Mak Lampir ini di era modern kepada generasi muda,” kata Gandhi dalam pernyataan tertulis, Jumat.

 

Gandhi menjelaskan soal tantangan ketika kembali berakting usai rehat.

“Jujur saya cukup deg-degan, apalagi saya harus memecah kepala sebagai seorang produser juga. Tapi untungnya, dengan jajaran pemain yang begitu supportif, ditambah lingkungan kerja yang positif, ruang kerja aku sebagai produser dan aktor tidak berantakan sama sekali. Aku bisa mengerjakan dua role saya di film ini dengan sangat baik dan maksimal, berkat dukungan semuanya,” jelasnya.

Tak hanya menjadi produser dan pemain saja film ini, Gandhi ternyata juga ikut menjadi co-writer. Ia mengaku sudah memiliki cerita film ini sejak dulu, hingga akhirnya dapat ia realisasikan pada tahun ini bersama Kenny Gulardi sebagai sutradara.

“Dari dulu aku selalu suka dengan karakter Mak Lampir. Ia memiliki tawa yang khas dan latar belakang kisah yang menarik. Maka, dari 10 tahun yang lalu, aku sendiri sudah punya cerita film ini yang akhirnya dapat direalisasikan dan saya sempurnakan bersama Kenny” ujarnya.

Film ‘Lampir’ menceritakan tentang Wendy dan Angga yang akan menikah, akhirnya mengajak beberapa teman mereka untuk membantu pemotretan foto pre-wedding mereka di sebuah villa.

Namun ternyata, rencana mereka berubah menjadi mimpi buruk yang mengerikan karena di villa tersebut telah dihuni oleh Mak Lampir yang menanti kedatangan mereka demi mendapatkan makanan yang dapat mempercantik dirinya.

Adapun, Film tersebut ikut dibintangi oleh Jolene Marie, Rory Asyari, Gandhi Fernando, Ardina Rasti, Hana Saraswati, Ge Pamungkas, Sheila Salsabila, Arthur Tobing, Ravi Septrian, Gesya Shandy, Alm. Yayu Unru dan banyak lagi.

Film yang juga menjadi hasil kolaborasi produksi antara Vision+ dengan Creator Pictures dan Sinergi Pictures tersebut telah tayang dan dapat disaksikan di seluruh bioskop tanah air.

Manajer Manchester United Menyampaikan Belum Ada Kabar Baik dari Pemulihan Cedera Pemain

0
Jakarta – United telah memenangkan empat pertandingan berturut-turut sejak Shaw kembali bermain setelah absen selama sebulan karena cedera. Namun pemain internasional Inggris harus ditarik keluar pada babak kedua laga terakhir Man United saat melawan Aston Villa yang berakhir dengan kemenangan di menit akhir.
Shaw digantikan oleh Victor Lindelof yang bermain di sisi kiri pertahanan. Namun Erik ten Hag memastikan timnya masih terus berupaya untuk memaksimalkan kebugaran Shaw sampai laga hari Minggu (18/2).
Dalam konferensi pers jelang laga, Manajer Manchester United Erik ten Hag menyampaikan bahwa salah satu pemain bertahan andalan Setan Merah, Luke Shaw, disangsikan untuk tampil di Kenilworth Road. Rentetan cedera pemain yang dialami oleh skuad Manchester United belum memiliki kabar baik menjelang laga melawan Luton Town pada akhir pekan, alih-alih terdapat pemain yang memperpanjang masa pemulihan.

“Ya, dia diragukan untuk akhir pekan, tapi kami yakin dia bisa melakukannya,” kata ten Hag seperti dikutip dari laman resmi klub.

 

“Itu adalah tindakan pencegahan (untuk menggantikannya) dan saya pikir itu adalah keputusan yang tepat,” kata pelatih asal Belanda tersebut.

Lindelof dan Diogo Dalot akan menjadi opsi sebagai pelapis apabila Shaw benar-benar tidak bisa bermain. Namun sayangnya, Man United masih harus menunggu lebih lama untuk ketersediaan bek sayap lainnya, yaitu Aaron Wan-Bissaka yang malah memperpanjang masa pemulihan dari cedera.

AWB terakhir kali tampil saat bermain imbang 2-2 melawan Tottenham Hotspur pada bulan Januari. Dia akan akan absen sampai beberapa minggu lagi setelah mengalami masalah baru saat di Carrington.

“Aaron Wan-Bissaka akan membutuhkan waktu beberapa minggu karena dia mengalami cedera lain saat latihan minggu lalu,” kata Erik.

Selain itu, Tyrell Malacia dan Mason Mount masih harus menjalani rehabilitasi selama beberapa minggu lagi untuk menyelesaikan pemulihan.

Sedangkan Anthony Martial dan Lisandro Martinez juga masih dalam masa pemulihan dari permasalahan pada pangkal paha dan lutut.

Manchester United mencatat empat kemenangan dan satu imbang pada lima laga terakhirnya di semua kompetisi. Tim berjuluk Setan Merah itu juga mulai merangkak naik mendekati zona Liga Champions yaitu berada di posisi enam klasemen sementara dan terpaut enam poin dengan peringkat empat.

Sebelumnya, MU sempat terlempar ke peringkat sembilan klasemen Liga Primer pada awal Februari. Mereka juga sudah terdepak dari kompetisi Liga Champions dan Carabao Cup, dan hanya menyisakan turnamen Piala FA.

Setelah Pecat Francisco Rodriguez Sebelumnya, Rayo Vallecano tunjuk Inigo Perez Sebagai Pelatih Baru

0
Jakarta – Rayo Vallecano saat ini menghuni posisi ke-14 di klasemen sementara Liga Spanyol, dengan koleksi 24 poin dari 24 pertandingan yang telah dimainkan. Pada pertandingan liga selanjutnya, Vallecano akan menjamu pemuncak klasemen Real Madrid pada Minggu (18/2) malam.
Rayo Vallecano menunjuk Inigo Perez sebagai pelatih baru mereka pada Rabu, setelah sebelumnya memecat Francisco Rodriguez.

 

Pekerjaan terakhir Inigo adalah sebagai asisten pelatih Andoni Iraola di Rayo pada musim lalu, sebelum Iraola hengkang ke klub Liga Inggris, Bournemouth.

“Bagian dari ide sepak bola saya berasal dari Andoni dan pelatih-pelatih yang bekerja bersama kami. Saya beruntung dapat belajar dari dia. Andoni adalah Andoni dan saya adalah Inigo. Idenya serupa,” kata Inigo seperti dikutip dari laman resmi Vallecano.

“Sebelum menemui mereka (para pemain), Anda dapat membayangkan seperti apa mereka. Saya telah melihat tim yang tersakiti dengan kepergian Francisco dan sekarang mereka akan harus yakin terhadap sosok baru yang datang,” tambahnya.

Todung Mulya Lubis, TPN Ganjar Mahfud Desak Bukan Hanya Butet Tapi Laporan Kasus Aiman Juga Dicabut!

0

Butet dinilai menghina Presiden Joko Widodo saat berkampanye untuk Ganjar Pranowo di Kulonprogo beberapa waktu lalu.

Deputi Hukum TPN Ganjar Mahfud, Todung Mulya Lubis menyatakan informasi dari Butet laporan tersebut sudah dicabut. Menurutnya, pencabutan laporan atas perintah Jokowi.

Todung juga meminta dilakukan hal serupa terhadap laporan terhadap Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono. Aimin sudah diperiksa penyidik di Polda Metro Jaya.

Tahap 1 Jalan Tol Probolinggo, Janji Anies-Cak Imin Lanjutkan Bangun Tol Trans Jawa sampai Banyuwangi

0

Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi terdiri dari 2 tahap pelaksanaan konstruksi pada tahap 1 ini terbagi menjadi Seksi 1 Gending – Kraksaan (12,88 Km) dengan progres konstruksi 15,01%, Seksi 2 Kraksaan – Paiton (11,20 Km) dengan progres konstruksi 2,61%, dan Seksi 3 Paiton – Besuki (25,6 Km) dengan progres konstruksi 0,65%.

Secara keseluruhan Tahap 1 Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi yang terdiri dari 3 Seksi tersebut ditargetkan akan selesai konstruksinya pada Desember 2024.

Ketahui Lebih Dalam Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh serta Batas Konsumsi Minum Teh Dalam Sehari

0
Melansir Healthline, penelitian modern menunjukkan bahwa senyawa tumbuhan dalam teh mungkin berperan dalam mengurangi risiko kondisi kronis, seperti kanker, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Melansir Hence Tea, batas konsumsi minum teh dalam sehari tergantung variasi teh yang pilih. Teh herbal bisa dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak karena tidak dibuat langsung dari tanaman tehnya. Namun, dibuat dari ramuan rempah-rempah, herbal, atau bunga, dan lebih sedikit kafein.

Nah, untuk teh yang mengandung kafein, disarankan untuk meminumnya terakhir sebelum jam 5 sore. Hal ini untuk menjaga agar pola tidurmu tidak terganggu.

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh
Minum Teh/Foto: pexels.com/Gary Barnes

Minum Teh/Foto: pexels.com/Gary Barnes

Yaps, segala sesuatu yang berlebih tentu tidaklah baik ya. Teh yang menyehatkan pun, bisa menimbulkan efek samping jika terlalu banyak dikonsumsi.

Berikut sederet efek samping terlalu banyak minum teh:

1. Mengurangi penyerapan zat besi

Teh merupakan sumber yang kaya akan senyawa yang disebut tanin. Tanin dapat mengikat zat besi dalam makanan tertentu, sehingga tidak tersedia untuk diserap di saluran pencernaan.

Kekurangan zat besi adalah salah satu kekurangan nutrisi yang paling umum di dunia dan jika kadar zat besimu rendah, asupan teh berlebih bisa memperburuk kondisi ini. Membatasi asupan minum teh hanya 3 cangkir dalam sehari adalah jumlah yang aman.

 

2. Meningkatkan kecemasan, stres dan gelisah

Daun teh secara alami mengandung kafein. Karena itu, mengonsumsi kafein berlebihan dari teh bisa menyebabkan munculnya rasa cemas, stres, dan gelisah.

Rata-rata secangkir teh (240 ml) mengandung sekitar 11-61 mg kafein, tergantung variasi dan metode penyeduhannya. Teh hitam mengandung lebih banyak kafein, dibanding teh hijau atau putih. Selain itu, semakin lama menyeduh teh juga semakin tinggi kandungan kafeinnya.

3. Pola tidur yang terganggu

 

Ilustrasi perempuan insomniaIlustrasi perempuan insomnia/Foto: Freepik/Tirachardz

 

Ya, dengan kandungan kafein yang ada pada kopi bisa membuat pola tidurmu terganggu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menghambat produksi melatnonin yakni hormon yang memberi sinyal pada otak untuk tidur, sehingga pola tidur terganggu.

Saat pola tidur terganggu, hal ini bisa berdampak lebih parah seperti kelelahan, gangguan memori, obesitas, hingga masalah mental.

 

4. Mual

Senyawa tertentu dalam teh dapat menyebabkan rasa mual, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau saat perut kosong.

Setiap orang mengalami efek samping ini berbeda-beda. Jika mereka yang sensitif, gejala ini bisa dirasakan saat minum 1-2 cangkir teh. Bisa juga, mereka yang telah habiskan 5 cangkir tidak merasakan efek apapun.

 

5. Maag

Karena kafein juga, mulas atau maag bisa dirasakan. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat mengendurkan sfingter yang memisahkan kerongkongan dari lambung, sehingga isi lambung yang asam lebih mudah mengalir ke kerongkongan.

Beauties, itu dia beberapa efek samping yang bisa saja terjadi jika terlalu banyak minum teh. Memang tidak semua orang merasakan efeknya, namun tetap berhati-hati ya!