WRC Eropa Tengah: Neuville Menyelesaikan Dua Putaran

Jakarta (24eNews) – Diadakan dalam kegelapan, Neuville menyelesaikan dua putaran tes Klatovy, 2,2 detik lebih cepat dari Tanak untuk melesat dari posisi ketiga ke posisi terdepan.

Tanak sempat ada di posisi terdepan pada awal reli setelah memenangi Super Spesial 2,55 km yang diadakan di sekitar arena balap di Praha. Namun, pereli asal Estonia ini tidak mampu mempertahankan keunggulannya saat reli memasuki etape kedua, Klatovy, 8,92 km.

Pereli Hyundai ini memimpin 1,2 detik dari Ott Tanak (M-Sport) menjelang enam etape aspal, Jumat di Republik Ceko.

“Itu bukan etape yang terbaik. Saya tidak tahu tentang ban – saya pikir saya berada di antara ban basah dan lunak, dan saya memutuskan untuk menggunakan ban lunak di menit-menit terakhir,” ujar Neuville.

“Perangkat anti-cut memantulkan cahaya dari lampu sehingga Anda tidak bisa melihat dengan baik, tapi kami berhasil melewatinya dengan baik.”

Pembalap Estonia merasa kesulitan untuk mendapatkan temperatur yang cukup pada ban lunaknya, namun ia masih mampu mencatatkan waktu yang lebih cepat dari para pereli lainnya di Rally1.

Pemimpin klasemen Kalle Rovanpera berada di urutan ketiga, dengan selisih waktu 2,9 detik, meskipun usahanya cukup untuk membawa pereli Finlandia ini naik ke urutan keempat, dengan rekan setimnya yang merupakan juara dunia delapan kali dari Toyota, Sebastian Ogier, berada di posisi ketiga dengan selisih waktu 0,1 detik.

Ogier mengakui bahwa ia kesulitan untuk menemukan “feeling” pada GR Yaris, dan kehilangan waktu 6,1 detik dalam prosesnya. Pereli asal Prancis ini mencatat waktu tercepat kelima di belakang Hyundai dari Esapekka Lappi, yang terkena penalti 10 detik karena melakukan jump start pada etape pertama. Pembalap Finlandia ini akan memulai hari Jumat di posisi kesembilan.

Di P5 adalah Teemu Suninen dari Hyundai, di depan Pierre-Louis Loubet dari M-Sport dan Takamoto Katsuta dari Toyota.

Penantang gelar Elfyn Evans berada di urutan kesembilan tercepat di panggung dengan catatan waktu 7,8 detik setelah mengalami overshoot di tikungan kanan.

Evans, yang harus mengungguli rekan setimnya Rovanpera untuk memperpanjang perebutan gelar juara ke putaran penentuan di Jepang, akan memulai Sabtu dengan selisih waktu 10,7 detik dari pimpinan klasemen, dan duduk di urutan kedelapan.

“Saya mengalami overshoot di salah satu tikungan, terkunci di salah satu zona pengereman, jadi sayang sekali,” ujar Evans.

Gregoire Munster dari M-Sport melengkapi posisi 10 besar di depan pereli WRC2, Yohan Russell. Dalam perebutan gelar juara WRC2, Gus Greensmith dari Toksport Skoda mengakhiri etape kedua di posisi ketiga di kelasnya dan berada di depan pesaing sekaligus rekan setimnya, Andreas Mikkelsen.

Tinggalkan Balasan