Penemuan Alat Pengaman yang Khusus untuk Padamkan Api Baterai Lithium Motor Listrik yang Terbakar

Jakarta – Melalui kerja sama dengan produsen sepeda motor listrik Hunter Motorcycle, produk yang masih dalam tahap pengembangan ini memungkinkan pemadaman api secara otomatis yang ditujukan langsung ke baterai saat terdeteksi api.

“Penemuan mutakhir ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia dan juga dunia sebagai alat pengaman yang diperlukan untuk ekosistem kendaraan listrik, mulai dari kendaraannya sendiri berupa APAR dan juga suppression system, tempat pengisian ulang daya (charging station), hingga pengamanan pada gudang-gudang penyimpanan baterai lithium,” terang Willy Hadiwijaya, CEO FAST.

Berpartisipasi dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) memperkenalkan inovasi pemadam api “Lithium Fire Killer” atau LFK Hartindo AF31, yang diakui sebagai penemuan anak bangsa dengan pengakuan global.

Diklaim produk juga dapat digunakan untuk berbagai situasi, tidak hanya kebakaran yang melibatkan kendaraan listrik.

Perusahaan sudah memperkenalkan produk tahun lalu. Kemudian terus dikembangkan. Di PEVS 2024, mereka memperkenalkan teknologi fire suppression system atau sistem peredam api untuk kendaraan roda dua.

Tujuan dari alat pemadam FAST adalah agar dapat terintegrasi langsung dengan kendaraan, terutama sepeda motor. Willy menyatakan bahwa timnya sedang melakukan penelitian untuk menciptakan formula yang ideal, terutama untuk penyimpanan tabung pemadam kebakaran di sepeda atau motor listrik.

Inovasi yang menarik adalah desain tempat penyimpanan yang tersembunyi sebagai knalpot. Karena motor listrik tidak memiliki saluran pembuangan, ini memberikan ruang yang dapat dimanfaatkan. Ruang tersebut akan diisi dengan tabung LFK Hartindo AF31, yang tersedia dalam model manual atau otomatis.

Tinggalkan Balasan