Ketahui Lebih Dalam Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh serta Batas Konsumsi Minum Teh Dalam Sehari

Melansir Healthline, penelitian modern menunjukkan bahwa senyawa tumbuhan dalam teh mungkin berperan dalam mengurangi risiko kondisi kronis, seperti kanker, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Melansir Hence Tea, batas konsumsi minum teh dalam sehari tergantung variasi teh yang pilih. Teh herbal bisa dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak karena tidak dibuat langsung dari tanaman tehnya. Namun, dibuat dari ramuan rempah-rempah, herbal, atau bunga, dan lebih sedikit kafein.

Nah, untuk teh yang mengandung kafein, disarankan untuk meminumnya terakhir sebelum jam 5 sore. Hal ini untuk menjaga agar pola tidurmu tidak terganggu.

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh
Minum Teh/Foto: pexels.com/Gary Barnes

Minum Teh/Foto: pexels.com/Gary Barnes

Yaps, segala sesuatu yang berlebih tentu tidaklah baik ya. Teh yang menyehatkan pun, bisa menimbulkan efek samping jika terlalu banyak dikonsumsi.

Berikut sederet efek samping terlalu banyak minum teh:

1. Mengurangi penyerapan zat besi

Teh merupakan sumber yang kaya akan senyawa yang disebut tanin. Tanin dapat mengikat zat besi dalam makanan tertentu, sehingga tidak tersedia untuk diserap di saluran pencernaan.

Kekurangan zat besi adalah salah satu kekurangan nutrisi yang paling umum di dunia dan jika kadar zat besimu rendah, asupan teh berlebih bisa memperburuk kondisi ini. Membatasi asupan minum teh hanya 3 cangkir dalam sehari adalah jumlah yang aman.

 

2. Meningkatkan kecemasan, stres dan gelisah

Daun teh secara alami mengandung kafein. Karena itu, mengonsumsi kafein berlebihan dari teh bisa menyebabkan munculnya rasa cemas, stres, dan gelisah.

Rata-rata secangkir teh (240 ml) mengandung sekitar 11-61 mg kafein, tergantung variasi dan metode penyeduhannya. Teh hitam mengandung lebih banyak kafein, dibanding teh hijau atau putih. Selain itu, semakin lama menyeduh teh juga semakin tinggi kandungan kafeinnya.

3. Pola tidur yang terganggu

 

Ilustrasi perempuan insomniaIlustrasi perempuan insomnia/Foto: Freepik/Tirachardz

 

Ya, dengan kandungan kafein yang ada pada kopi bisa membuat pola tidurmu terganggu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menghambat produksi melatnonin yakni hormon yang memberi sinyal pada otak untuk tidur, sehingga pola tidur terganggu.

Saat pola tidur terganggu, hal ini bisa berdampak lebih parah seperti kelelahan, gangguan memori, obesitas, hingga masalah mental.

 

4. Mual

Senyawa tertentu dalam teh dapat menyebabkan rasa mual, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau saat perut kosong.

Setiap orang mengalami efek samping ini berbeda-beda. Jika mereka yang sensitif, gejala ini bisa dirasakan saat minum 1-2 cangkir teh. Bisa juga, mereka yang telah habiskan 5 cangkir tidak merasakan efek apapun.

 

5. Maag

Karena kafein juga, mulas atau maag bisa dirasakan. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat mengendurkan sfingter yang memisahkan kerongkongan dari lambung, sehingga isi lambung yang asam lebih mudah mengalir ke kerongkongan.

Beauties, itu dia beberapa efek samping yang bisa saja terjadi jika terlalu banyak minum teh. Memang tidak semua orang merasakan efeknya, namun tetap berhati-hati ya!

Tinggalkan Balasan