Bukan Tembok China Lho! 3 Bangunan Megah di Bumi Terlihat Sampai Luar Angkasa

24eNews – Jika kamu berpikir Tembok China masuk di antara daftar bangunan Bumi yang terlihat sampai ke angkasa, itu salah total lho Bro & Sis! Tembok China justru tidak termasuk di antaranya.Beberapa bangunan di Bumi ternyata bisa terlihat sampai luar angkasa. Hal ini disampaikan oleh para astronom yang bertugas.Mereka bisa melihat beberapa bangunan tersebut dengan mata telanjangnya atau tanpa bantuan alat khusus. Sebagai informasi, luar angkasa sendiri merujuk pada garis karman.Ini menandakan batas antara atmosfer Bumi dengan antariksa, berada 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

“Garis Karman merupakan perkiraan wilayah yang menunjukkan ketinggian di mana satelit bisa mengorbit Bumi tanpa terbakar atau jatuh dari orbit sebelum mengelilingi Bumi setidaknya sekali,” jelas Katrina Bossert selaku fisikawan luar angkasa Arizona State University, dikutip dari Live Science.

Lantas bangunan di Bumi apa saja yang terlihat sampai luar angkasa? Simak!

1. Palm Jumeirah Dubai

palm jumeirah dubai

Palm Jumeirah Dubai/Foto: VisitDubai

 

Palm Jumeirah merupakan pulau buatan di Dubai. Pulau-pulau tersebut bisa terlihat dari Garis Karman.

Bahkan, stasiun ISS yang berada di ketinggian 400 km di atas permukaan laut juga bisa melihatnya. Namun, untuk melihat stasiun ISS dibutuhkan alat bantu, yakni lensa 800 mm.

 

2. Piramida Giza

piramida gaza

Piramida gaza/Foto:pexels.com/pixabay

 

Ada dua pendapat berbeda terkait penampakan Piramida Giza dari luar angkasa. Astronaut asal Inggris, mengatakan bangunan tersebut tidak terlihat, namun struktur masifnya bisa telihat dengan lensa 800 mm.

Sementara itu, mantan astronaut NASA, Carl Erwin Walz is pensiunan astronot NASA sekarang bekerja di Orbital Sciences Corporation’s Advanced Programs Group sebagai vice president mengatakan jika piramida dapat terlihat dari orbit. Bahkan, bisa juga dilihat jelas dengan mata telanjang.

 

3. Bingham Canyon Mine

bingham canyon mine

Bingham Canyon Mine/Foto:pexels.com/pixabay

 

Tambang ini juga bisa dilihat jelas dari luar angkasa. Letaknya berada di 32 km tenggara Salt Lake City.

Bingham Canyom jelas terlihat dari Garis Karman tanpa alat bantu. Selain itu juga bisa dilihat dari pesawat ulang alik yang terbang 305-531 km di atas permukaan laut.

Tinggalkan Balasan