Isu Perubahan Iklim, Ganjar usulkan Agar Masuk Kurikulum Sekolah Agar Seluruh Masyarakat Bisa Paham

Balikpapan – Hal itu disampaikan Ganjar saat menjawab pertanyaan tentang upaya yang akan dilakukannya agar seluruh masyarakat bisa paham dan peduli tentang persoalan lingkungan yang terjadi. Dia mengatakan isu perubahan iklim harus mulai diperkenalkan melalui bangku sekolah.

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengusulkan agar isu perubahan iklim dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan. Dia menilai isu tersebut belum banyak dipahami oleh masyarakat lokal.

“Caranya melalui pendidikan, tidak ada yang lain. Bisa kita titipkan kepada kurikulum guru-guru mengenai isu perubahan iklim. Supaya anak-anak muda peduli pada isu itu,” ujar Ganjar kepada wartawan di Balikpapan, Kaltim, Selasa (5/12/2023).

Menurutnya selain melalui kurikulum, sosialisasi isu perubahan iklim bisa melibatkan tokoh-tokoh adat, tokoh agama hingga penggiat lingkungan. Pesan dari para tokoh masyarakat itu diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian terhadap masalah perubahan iklim.

Ganjar mengatakan generasi muda saat ini sudah banyak yang peduli dengan isu lingkungan. Namun ia menilai masih ada kekurangan dalam urusan sosialisasi.

“Umpama kita bicara soal energi panel, oh ini energi lebih hemat atau kita bicara soal transisi energi soal sistem transportasi yang menggunakan baterai, sehingga emisi bisa dikurangi,” ucapnya.

Dia menambahkan kepedulian terhadap isu lingkungan harus tetap digencarkan melalui sosialisasi yang masif di masyarakat serta edukasi di dunia pendidikan.

“Jadi penting edukasi, edukasi tidak ada yang lain,” pungkas Ganjar.

Tinggalkan Balasan