Rekomendasi dari New York Times, Danau Toba Sumatra Utara Masuk Daftar Destinasi Wisata Pilihan 2024

Jakarta – Dari Path of Totality, yang akan menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari di bulan April hingga Maui, Hawaii, yang rusak parah akibat kebakaran hutan pada tahun 2023, banyak alasan bagus untuk mengunjungi setiap tempat dalam daftar ini pada 2024.

Dalam daftar tersebut, Danau Toba berada di urutan ke-24. Danau yang dikelilingi delapan kabupaten di Sumatra Utara ini merupakan salah satu destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ikon wisata Sumatera Utara itu dipilih karena kemegahan dan keunikannya.

Danau Toba di Sumatra Utara masuk daftar destinasi wisata yang direkomendasikan New York Times dalam 52 Places To Go 2024. Daftar yang diterbitkan pekan lalu ini berisi tempat-tempat wisata di dunia yang disusun oleh para ahli. Penyusunan dilakukan dengan mempertimbangkan perjalanan berkelanjutan dan acara budaya.

 

Situs Warisan Dunia

Dengan luas lebih kurang 1.145 kilometer persegi kedalaman 450 meter, danau ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Saking luasnya, danau ini tampak mirip dengan lautan.

Kaldera Danau Toba yang menakjubkan ditetapkan situs warisan dunia UNESCO pada 2020. Menurut penelitian, Kaldera Danau Toba terbentuk karena adanya tiga tahapan letusan yang dimulai sekitar 800.000 – 900.000 tahun. Letusan terakhir terjadi sekitar 74.000 lalu yang membentuk Kaldera Danau Toba yang ada saat ini.

Di sini wisatawan tak hanya bisa menikmati wisata alam, tetapi juga wisata budaya. Danau Toba dikelilingi oleh sejumlah kampung adat dengan penduduk yang masih menjalankan tradisi.

Selain Danau Toba, ada banyak pilihan lain yang direkomendasikan New York Times untuk traveling tahun ini. Bagi wisatawan yang suka bertualang, ada dunia bawah laut di Hurghada, Mesir, namun bagi mereka yang mencari kedamaian dan relaksasi mistis, ada Salar de Uyuni, dataran garam terbesar di dunia.

Tinggalkan Balasan