Keluh Kesah Saat Proyek Galian Bikin Macet Lalin di Grogol

Jakarta – Keluh kesah disampaikan warga imbas kemacetan parah akibat proyek galian di sekitar Stasiun Grogol, Jakarta Barat (Jakbar). Proyek galian tersebut diharapkan bisa segera selesai.

Kemacetan parah di sekitar Stasiun Grogol terpantau pada Jumat (27/10/2023). Kemacetan terjadi di depan Rumah Sakit Jiwa Grogol, Jakarta Barat, arah kawasan PIK, Jakarta Utara. Jalan Prof Dr Latumenten menuju arah PIK, Jakarta Utara, ini terdiri atas lajur khusus bus TransJakarta dan lajur biasa. Proyek galian di jalan itu menyebabkan lajur bus TransJakarta tak bisa dilewati.

Akibatnya, bus TransJakarta yang awalnya dapat langsung berbelok dengan putar balik menuju arah Jalan Daan Mogot harus melaju di lajur kendaraan biasa. Hal itu menyebabkan badan bus melintang saat hendak berbelok di putaran balik dan menghalangi kendaraan di belakangnya hingga menyebabkan antrean panjang.

Terdengar adu klakson para pengemudi di tengah kemacetan. Sejumlah pemotor juga terlihat menerobos trotoar. Mereka terlihat tak sabar menunggu macet.

Salah seorang warga, Tri (55), mengatakan kemacetan di sekitar Stasiun Grogol lebih parah setelah ada proyek galian. Proyek galian itu berada di dekat pelintasan rel kereta Stasiun Grogol.

“Biasanya macet karena ada kereta saja ya, ini karena ada perbaikan jalan sih macet. Lebih parah,” kata Tri saat ditemui di sekitar RSJ Grogol.

Dia mengaku lelah dan pusing lantaran harus tertahan lama di jalan imbas macet. Dia berharap proyek galian itu segera selesai.

“Capeklah, pusing banget. Harapannya biar cepat selesai biar nggak macet parah gini, ini lama perjalanannya,” ujarnya.

Keluhan Ojol

Keluhan juga disampaikan oleh pengemudi ojek online, salah satunya Rahmadi (48). Dia mengaku sudah dua kali di-cancel penumpangnya karena terjebak macet di kawasan tersebut.

“Sampai di-cancel gara-gara kelamaan kita, nunggu lama karena macet begini, ya akibatnya kita di-cancel. Jadi efeknya dari pagi dari jam 07.00 WIB kan udah narik, sebentar doang. Dari kampus Trisakti kemari, dapat lagi daerah Kota, ya kelamaan akhirnya di-cancel. Dua kali di-cancel, istirahat dululah, daripada macet gini kan,” kata Rahmadi di depan RSJ Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (27/10)..

Rahmadi mengatakan kemacetan parah di sekitar Stasiun Grogol sudah terjadi dua hari ini. Dia mengatakan kemacetan parah itu dipicu proyek galian yang membuat jalan menyempit.

“Baru dua hari ini saja macet kayak gini. Kalau misalnya biasanya nggak terlalu parah kayak begini, dua hari ini memang parah banget tiap pagi,” kata Rahmadi.

Dia mengaku terjebak macet di sekitar Stasiun Grogol selama 30 menit. Dia berharap proyek galian segera tuntas agar tak terjadi kemacetan.

“Bedanya jauh, setengah jam ada. Setengah jam kalau pas pagi begini, ini dari sini mau nyari putaran depan aja, pas pengkolan itu bisa setengah jam sekarang. Biasanya normalnya 10 menit sudah bisa mutar, sekarang bisa setengah jaman,” kata Rahmadi.

“Inginnya gitu (proyek galian cepat selesai), biar cepat kondisi normal lagi. Soalnya ini terhambat juga dari busway kan berbelokannya itu jadi busway berbelok kan otomatis ngehalangi di belakangnya. Seharusnya kita bisa nyampe setengah jam, mutaran balik, bisa sampai lama kan jadinya waktunya,” tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya

Source link

Tinggalkan Balasan