November – John Lennon The Beatles Rilis Lagu Terakhir Dengan Suara Awal

November – John Lennon The Beatles Rilis Lagu Terakhir Dengan Suara Awal
4466?subId1=24e&subId2=lwd&subId3=fus&partnerpropertyid=3906348

London – Band rock Inggris The Beatles pekan depan akan merilis lagu terbarunya yang menampilkan suara mendiang John Lennon dan pengembangannya dilakukan dengan bantuan kecerdasan buatan (AI).

Lagu berjudul “Now and Then” yang disebut-sebut menjadi lagu terakhir The Beatles itu melibatkan semua anggotanya, demikian menurut perusahaan rekaman Universal Music Group (UMG), disadur dari Reuters pada Jumat (27/10).

Selain Lennon, lagu tersebut turut menampilkan suara mendiang George Harrison yang meninggal tahun 2001, serta suara Paul McCartney dan Ringo Starr, dua anggota The Beatles yang tersisa.

“Ya, itulah suara John, sangat jelas,” kata McCartney dalam pernyataannya.

Baca juga: The Beatles rilis trailer film dokumenter “Get Back”

Ia mengaku merasa emosional karena semua anggota The Beatles ikut serta menggarap lagu tersebut, sehingga bisa disebut sebagai rekaman lagu The Beatles yang sejati.

“Saya merasa, menggarap lagu The Beatles dan akan merilis lagu baru yang belum pernah dilantunkan kepada publik tahun 2023 seperti ini adalah hal yang sangat menyenangkan,” kata McCartney.

Sementara itu, Starr turut merasa emosional karena lagu tersebut seperti menghadirkan kembali John Lennon dalam ruang rekaman yang sama.

“Lagu ini adalah hal yang paling dekat yang membuat kami dapat merasakan kembali kehadirannya, jadi kami sungguh emosional,” kata Starr.

“Now and Then” awalnya digarap sebagai rekaman demo (home demo) oleh John Lennon di New York City pada dasawarsa 1970an. Sementara itu, The Beatles bubar pada tahun 1970.

Beberapa tahun setelah wafatnya John Lennon pada 1980, jandanya, Yoko Ono, menyerahkan beberapa set rekaman, yang di dalamnya termasuk lagu “Now and Then”, kepada anggota The Beatles lainnya. Mereka kemudian melengkapi rekaman tersebut dengan suara masing-masing.

Meski demikian, keterbatasan teknologi saat itu membuat suara Lennon dan piano yang muncul dalam rekaman tersebut tidak dapat dipisahkan untuk menghasilkan rekaman bersih demi merampungkan lagu itu.

Gagasan menyelesaikan lagu tersebut kembali muncul setelah dirilisnya seri dokumenter “The Beatles: Get Back” oleh sutradara Peter Jackson pada 2021, di mana teknologi AI digunakan untuk mengisolasi suara Lennon dan instrumen musik dari rekaman tersebut. Teknologi yang sama digunakan untuk lagu “Now and Then” yang dirampungkan McCartney dan Starr kali ini.

UMG mengatakan lagu tersebut akan dirilis secara global pada 2 November pukul 14:00 GMT atau 21:00 WIB.

Editor: Beni

Tinggalkan Balasan