Kisah Inspiratif Reisha Novandita, Dari Buka Jastip hingga Jadi Seorang Pebisnis Sukses

Inspiratif – Sosok Reisha Novandita punya kisah yang cukup unik dan inspiratif. Ia sukses jadi seorang pebisnis yang punya penghasilan besar karena sebuah hal yang tak terduga.

Awalnya, Reisha punya hobi jalan-jalan ke Thailand bersama sang suami. Dari situ, ia mulai melihat peluang bagus untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Banyak teman dan saudara yang titip belanja ke Reisha selama di Thailand. Dari sini, lambat laun dia punya pelanggan setia yang lebih banyak lagi untuk titip belanjaan dari Negeri Gajah Putih itu. Saat ini, profesi ini lebih dikenal sebagai jastip (jasa titip).

“Jadi awalnya aku seneng travelling. Terus buka jastip deh saya sama suami waktu di Thailand. Itu kan viral banget (produk kecantikan dari Thailand). Terus akhirnya suami bilang, ‘Kenapa nggak bikin brand sendiri? Dari pada capek-capek bolak-balik ke Thailand’. Akhirnya kita cari pabrik untuk bikin brand skincare dan berawal dari jastip malah jadi pengalaman jualan dan sekarang bikin brand sendiri,” ucap perempuan lulusan Akuntansi Universitas Padjadjaran itu, Kamis (26/10/2023).

1. Rilis Produk Skincare

Dia juga bercerita bahwa tahun 2018 jadi momen pertama untuk Reisha menemukan racikan yang tepat untuk brand skincarenya. Noera, jadi nama yang dipilih untuk mereknya.

Mulanya, Noera merilis produk pertama yakni handbody. Barulah kemudian collagen drink yang tak disangka-sangka langsung booming. Kata dia, ada kecenderungan market yang memang mencari produk bukan hanya untuk kesehatan kulit tapi juga mencerahkan.

“Jujur orang Indonesia itu sampai sekarang paling banyak mencari produk yang whitening. Makanya waktu awal-awal itu booming banget memang produk itu. Terus kita malah makin dikenal itu collagennya. Itu sudah dapat Top Brand sampai dua kali (2022-2023),” kata Reisha.

“Karena kan kita juga butuh skincare dari dalam untuk boost skincare dan menyehatkan kulit. Jadi tahun 2018 itu booming dan kolagen memang belum banyak. Itu produk kedua, yang pertama rilis itu lotion,” lanjutnya.

2. Tidak Diperoleh Secara Instan

Kesuksesan Reisha sendiri tidaklah didapat secara instan. Reisha mengaku sudah kenyang dengan kegagalan dalam berbisnis. Hanya saja, Ia memiliki jiwa pengusaha yang kuat, sehingga mau untuk bangkit lagi dan belajar dari kesalahan.

“Saya merasa yakin waktu bisnis Noera, karena sebelum memulai bisnis udah beberapa kali memulai bisnis yang lain. Gagal itu nggak cuma sekali tapi berkali-kali. Dari situ saya belajar,” ceritanya.

Awal berdagang merek skincare Noera memang membuatnya berdarah-darah. Tapi ia getol untuk mencoba dan menawarkan. Terlebih ia cukup beruntung karena punya banyak pelanggan setia yang jadi pasarnya untuk berjualan.

Kerja kerasnya membuahkan hasil. Kini, brand Noera dikenal se-Indonesia. Bahkan memiliki produk unggulan lainnya salah satunya pencerah ketiak. Lebih mengejutkannya lagi, saat pandemi ia mengaku justru mengalami keuntungan 10 kali lipat.

“Dulu kan marketnya sudah ada dari yang jastip itu. Jadi awalnya dari situ. Terus waktu pandemi ini malah untungnya banyak, bisa sampai 10 kali lipat karena kan orang maunya belanja online semua ya. Jadi, intinya kalau mau mulai usaha, jangan menyerah dan terus berinovasi. Jangan takut gagal karena gagal itu hal yang biasa,” pesan Reisha.

Berkat konsistensinya, akun sosial media Reisha pun kini banjir followers loh. KLovers ada yang follow juga gak nih?

Source link

Tinggalkan Balasan