Penuh Karat, Jeans dari Tahun 1873 Terjual Seharga Rp1,5 M

Fashion – Penuh Karat, Jeans dari Tahun 1873 Terjual Seharga Rp1,5 M  – Jeans termasuk outfit yang jadi favorit masyarakat dunia dan berbagai kalangan usia. Banyak yang suka dengan tampilan belel atau lusuh jeans karena memiliki karakter yang kuat.

 

Jeans lawas yang sudah sangat lusuh dan dari brand ternama, oleh para kolektor jeans selalu jadi incaran. Seperti jeans koleksi Levi’s dari  tahun 1873, yang terjual dengan harga cukup tinggi pada lelang  28 September hingga 1 Oktober lalu. Lelang tersebut merupakan bagian acara ‘Durango Vintage Festivus’, penjualan barang antik yang digelar, oleh Brit Eaton. Dalam acara, Eaton berhasil menjual jeans Levi’s dari 1873 pada seorang anonim asal Thailand, seharga US$100 ribu dolar atau Rp1,5 miliar.

 

Celana jins tersebut ditemukan dua dekade lalu di sebuah tambang di Nevada, yang sudah lama menjadi pusat pemburu denim antik karena iklim negara bagian tersebut yang gersang dan banyaknya tambang yang terbengkalai. Jeans tersebut boleh saja terjual dengan harga tinggi tapi ternyata  belum diautentikasi oleh pihak Levi’s.Total 138 barang antik dan langka dilelang di acara tersebut, namun keberadaan celana jeans Levi’s yang memiliki sejarah panjang ini yang paling menarik perhatian.

 

Kondisi rusak Memiliki ciri unik dengan tenunan kain 2×1 berbeda dari kebanyakan jeans yang menggunakan tenunan 3×1. Terdapat tambalan besar pada bagian kaki kiri yang memiliki paku keling tidak diembos, ini merupakan tanda bahwa produksi awal Levi’s. Kantong koin pada celana ini juga dipasang lebih tinggi pada tali pinggang. Meskipun beberapa paku keling mungkin sudah lepas, paku keling bagian selangkangan masih melekat pada celana jeans tersebut. Detail Bagian Belakang Celana Celana ini hanya memiliki satu saku belakang di sebelah kanan, terpasang dengan paku keling terbuka serta tanpa jahitan melengkung, ini merupakan ciri produksi awal Levi Strauss. Di bagian tengah pinggang belakang terlihat jahitan yang menunjukkan adanya tambalan kulit yang mungkin dijahit oleh merek dan kancing suspender juga masih utuh terpasang di sana.

Source link

Tinggalkan Balasan